Assalamu'alaikum, Hellooo, Welcome to Ine Lettysia's Blog !!!

Rabu, 18 Desember 2013

Analisis Pengaruh Elastisitas Harga terhadap Supply dan Demand dalam Kebutuhan Primer

Kelompok
Ade Melisa                               (20212126)
Eva Nor Octania                       (22212575)
Indriyani Rachmawati              (28212419)
Ine Lettysia                               (23212728)
Malicha Aulia Zatalini              (24212401)
Kelas                                        SMAK06-3
Setiap manusia membutuhkan berbagai macam dan jenis barang ataupun jasa yang dapat memenuhi kebutuhannya. Demi terpenuhinya kebutuhan yang diinginkan dan sesuai, diperlukan pengorbanan seseorang untuk mendapatkannya, seperti bekerja, berusaha, berdoa.
Dalam kehidupan, kebutuhan dibedakan menjadi tiga jenis yaitu kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Saat ini kita akan membahas mengenai kebutuhan primer. Kebutuhan primer merupakan kebutuhan pokok yang harus terpenuhi demi berlangsungnya hidup. Kebutuhan primer ini sangat diperlukan sekali seperti pangan, sandang dan papan dan tidak dapat ditunda. Tanpa terpenuhnya kebutuhan primer, kelangsungan hidup seseorang akan tersendat. Contohnya adalah sembako, pakaian, tempat tinggal.
Kebutuhan tersebut dapat mempengaruhi elastisitas harga permintaan dan penawaran, dimana letak pengaruhnya berbeda-beda. Sebelumnya kita memahami dulu bagaimana hukum permintaan dan penawaran yang berlaku dan apa elasitas harga itu.
Hukum permintaan “Bila harga suatu barang naik, cateris paribus, maka jumlah barang itu yang diminta akan berkurang, dan sebaliknya” (Prathama Rahardja dan Mandala Manurung, Teori Ekonomi Mikro Suatu Pengantar Edisi Ketiga).
Hukum penawaran “Semakin tinggi harga suatu barang, cateris paribus, semakin banyak jumlah barang tersebut yang ingin ditawarkan oleh penjual, dan sebaliknya” (Prathama Rahardja dan Mandala Manurung, Teori Ekonomi Mikro Suatu Pengantar Edisi Ketiga).
Elasitas harga dapat kita artikan atau definisikan yaitu pengaruh dari perubahan harga dengan jumlah barang yang diminta atau ditawarkan.
Rumus Elasitas Permintaan :
rumus elastisitas permintaan
Rumus Elasitas Penawaran :
rumus elastisitas penawaran
Dalam kebutuhan primer yang merupakan kebutuhan pokok dan tidak dapat ditunda, walaupun seseorang berpenghasilan sedikit atau rendah, orang tersebut akan tetap membeli dan mengonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya, seperti beras.
Dari pernyataan tersebut, elasitas harga permintaannya adalah inelastis (E<1) perubahan harga hanya memberikan pengaruh yang kecil terhadap perubahan barang yang diminta, sehingga apabila produsen menetapkan kenaikan harga yang cukup tinggi sekalipun, permintaan terhadap barang tersebut tidak terlalu berubah. Konsumen kurang peka terhadap perubahan harga, meskipun harga naik atau turun, masyarakat akan tetap membelinya untuk memenuhi kebutuhannya.
Kurva Permintaan Inelastis
Kurva Permintaan Inelastis
Menurut elasitas harga penawarannya adalah elasitas sempurna (E= ≈), berapapun jumlah yang ditawarkan tidak mempengaruhi tingkat perubahan harga, sehingga kurva penawaran akan sejajar dengan sumbu horisontal P atau Q. Penawaran terhadap barang-barang kebutuhan pokok tersedia dalam jumlah yang cukup agar tidak terjadi kelangkaan.
Kurva Penawaran Elastis Sempurna
Kurva Penawaran Elastis Sempurna
Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar