Assalamu'alaikum, Hellooo, Welcome to Ine Lettysia's Blog !!!

Rabu, 09 April 2014

DANA BANK


Pendapatan, Biaya, dan Net Interest Margin
Pendapatan dan biaya bank yang paling utama adalah pendapatan dan biaya bunga. Pendapatan bunga diperoleh dari penyaluran dana, khususnya dari surat berharga, pennpatan bank lain, serta kredit. Sedanglan biaya bunga yang terbesar dibayarkan kepada pihak ketiga atau masyarakat yang telah menyimpan dananya dalam bentuk simpanan giro, tabungan, dan deposito. Dari pihak bank juga mengeluarka biaya dana untu surat berharga (obligasi) jika bank tersebut menerbitka obligasi ke masyarakat. Selisih pendapatan dan biaya bunga disebut Net Interest Margin (NIM) yang biasanya dinyatakan dalam bentuk presentase terhaap earning-asset atau dana yang disalurkan untuk mencari keuntungan.
Selain pendapatan bunga, bank juga menghasilkan pendapatn non-bunga yang disebut Fee Based Income (FBI). FBI diperoleh dari layanan ban di luar produk enyaluran dana. Bank juga memiliki biaya lain selain biaya bunga. Bank sebagai udsaha yang profit-oriented juga mengeluarkan biaya overhead atau biaya operasional lain selain biaya bunga. Biaya tersebut mencangkup biaya SDM (gaji, intensif, pengembangan, dll, biaya utilitas (listrik, perkantoran, dll), serta biaaya perusahaan lainnya.

Cost of Funds
Biaya dana adalah biaya yang harus dibayar oleh suatu lembaga keuangan atau bank atas pengguna uang yang sumbernya dari pihak lain (nasabah atau bank); biaya dana dalam suatu bank merupakan dasr penetapan suku bunga kredit setelah memperhitungkan keuntungan yang diharapkan termasuk biaya administrasi dan biaya-biaya lain (cost of funds). Definis lain juga menyebutkan biaya dana adalah cost of funds yaitu biaya yang harus dibayar oleh suatu lembaga keuangan bank atas penggunanya yang sumbernya dari pihak lain, biaya dana dalam suatu bank merupakan dasar penetapan suku bunga kredit setelah memperhitungkan keuntungan atau laba yang diharapkan termasuk biaya administrasi dan biaya-biaya lain.
Beberapa metode yang dapat digunakan dalam menghitung biaya dana bank adalah :

  • Cost of Mixed Fund (CoF), nilai COF relatif paling lebih rendah, karena yaitu hanya memperhitungkan biaya bunga saja dan tanpa memperhatikan klasifikasi penggunaan dananya.
  • Cost of Money (CoM). nilai COM, nilai yang lebih besar karena membebankan biaya overhead (biaya operasional, gaji karyawan, dan biaya lain) pada biaya dana atau dengan kata lain biaya overhead akan dibebankan kepada nasabah yang meminta kredit (debitur).
  • Cost of Loanable Fund (CoL), COL nilainya relatif lebih tinggi karena beban dana unloanable fund atau idle money dibebankan kepada nasabah debitur.
  •  Cost of Operable Fund (CoP), COP nilainya relatif lebih tinggi karena beban dana unloanable fund atau idle money dibebankan kepada nasabah debitur.

Referensi :
Margianti, E.S., & Budi Hermana. (2011). Manajamen Dana Bank Prinsip dan Regulasi di Indonesia. Jakarta: Gunadarma.
Budisantoso, Totok & Sigit Triandaru. (2011). Bank dan Lembaga Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar